Program Marketing ala Kopi Hangat LinkedIn

Byjmzachariascom

Program Marketing ala Kopi Hangat LinkedIn

Menikmati kopi hangat di pagi hari sambil membaca berita hangat yang semuanya tersedia gratis, tentu merupakan kejutan kecil yang menyenangkan. Pejalan kaki di kawasan Manhattan New York dan kota San Francisco beruntung menikmati kejutan kecil menyenangkan ini, saat LinkedIn menjalankan program aktifasi (activation program) memperkenalkan fitur baru LinkedIn Today lengkap dengan ikon mobil caravan yang disulap dengan warna brand image Linkedin biru putih berikut cat bercorak berita hangat ala Linkedin Today. Mobil caravan menjadi wahana melayani para pengunjung mengantri kopi gratis sambil melihat layar LCD, iPad & flyer berisi fitur LinkedIn Today lengkap dengan berita hangat berbagai media online yang dapat diatur pada halaman profil pengguna social media Linkedin.


LinkedIn Mobile News Cafes from Manifold on Vimeo.

Pendekatan program marketing Linkedin ini menyentuh sisi emosi dengan efek wow dalam bentuk kejutan kecil yang menyenangkan, menikmati kopi premium gratis sambil melihat fitur baru LinkedIn Today. Pendekatan serta eksekusi ide jitu ini selaras dengan gagasan yang menyentuh sisi emosi sebagaimana dikemukakan Gerlard Zaltman profesor di Harvard Business School. Dalam bukunya How Customer Think, Zaltman menekankan bahwa emosi memainkan peran sangat penting dalam mengkode, menyimpan dan memanggil memori, selanjutnya membentuk landasan pembuatan keputusan.

Kejutan kecil kopi premium gratis dengan suasana santai sambil melihat fitur berita hangat LinkedIn Today merupakan kombinasi pengalaman yang menyentuh sisi emosi, tersimpan dan menjadi landasan baik dalam pengambilan keputusan untuk menggunakan fitur LinkedIn Today termasuk juga keputusan untuk menggunakan layanan LinkedIn bagi yang belum terdaftar sebelumnya (customer acquisition).

Efektifitas program aktifasi ini didukung kesesuaian aspek strategis seperti target, aktifitas, waktu serta lokasi, media, penawaran, serta tahap eksekusinya melalui berbagai tahapan pendekatan promosi AIDA (Awareness, Interest, Desire serta Action) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pada program aktivasi LinkedIn Today ini dapat dipetakan sebagai berikut:

target :  pekerja kantor.

aktifitas : kebiasaan pekerja di Amerika Serikat untuk minum kopi sambil membaca berita hangat sebelum atau sesaat memulai kerja di pagi hari.

waktu : pagi hari saat ramainya lalu lalang pejalan kaki (rush hour) .

lokasi : kawasan sibuk Manhattan New York & San Fransisco.

media : online dan offline. Pendekatan offline, mobil caravan penyedia kopi yang dilengkapi fasilitas digital brand offline layar LCD, iPad & flyer. Untuk pendekatan online, pelanggan linkedin dapat berkomunikasi dan memonitor lokasi mobil caravan secara real time melalui fasilitas live stream LinkedIn Today.

penawaran : pengunjung mendapat kopi premium gratis sambil mencoba demo fitur berita hangat yang ditawarkan LinkedIn Today, mendaftar Linkedin serta mengaktifkan fitur baru LinkedIn Today.

eksekusi : Keberadaan mobil caravan dengan corak khas fitur berita hangat tentu menarik perhatian (Aware) orang lalu-lalang. Adanya orang yang mau mengantri menunggu kopi premium gratis sambil melihat tanyangan di layar LCD dan membaca flier memancing rasa ketertarikan (Interest). Di sela-sela menikmati kopi hangat , timbul dorongan (Desire) untuk mencoba demo pada panel iPad yang dipasang bahkan melalui piranti pribadi para pengunjung seperti iPad, ponsel serta laptop. Pengunjung yang bukan pengguna LinkedIn sebelumnya, dapat melakukan pendaftaran account LinkedIn (Action), bahkan ada yang mengabadikan dengan kamera/ponsel serta menuliskan momen mengesankan ini pada profil LinkedIn mereka. Tahapan pendekatan promosi AIDA (Awareness, Interest, Desire serta Action) pun terlaksana dengan baik.

Sisi menarik program aktifasi ( marketing ) ini, LinkedIn dengan jitu mengkombinasikan pendekatan offline dengan pengguna LinkedIn lainnya terkoneksi online melalui live streaming LinkedIn Today. Pengguna LinkedIn di kota tersebut dapat memonitor lokasi mobil caravan secara real time. Melalui komunikasi online petugas merespon permintaan rute ke area mana mobil caravan ini beroperasi selanjutnya.

Say it with a cup of coffee! Begitu pendekatan hangat LinkedIn, pendekatan yang tidak hanya sukses secara offline, namun juga online.

* image credit: kraifreedom-freedigitalphotos.net

Tentang Penulis : JM Zacharias ( @jmzacharias ) saat ini berprofesi sebagai business strategist, berkarir profesional dalam bidang produk, sales dan marketing lebih dari satu dekade. Pengalaman karir profesionalannya di berbagai industri meliputi retail, consumer electronic, teknnologi informasi dan telekomunikasi baik Business to Customer (B2C) maupun Business to Business (B2B). Dengan beragam pengalaman di perusahaan multinasional, nasional serta startup pada bidang teknologi, sales marketing dan manajemen serta iklim kerja lintas budaya antar bangsa dalam portofolio karirnya di kawasan Asia Pasifik dan Asia Tenggara turut memperkaya wawasan dan melebarkan preperspektif untuk terus belajar dan berbagi. Mengkomunikasikan ide dan strategi bisnis dilakukannya dalam bentuk artikel, pelatihan dan kegiatan konsultasi. Informasi detail dapat di lihat pada JMZacharias.Com Strategi Bisnis & Teknologi . Anda dapat mengubungi melalui tautan kami.

About the author

jmzachariascom administrator

*JM Zacharias: | Business Strategist | Writer | Guest Speaker | Trainer | Consultant | @ Business Strategy, Technology & Productivity | Business Strategist & Founder HidupProduktif.Com JMZacharias.Com | Penulis | Pembicara | Trainer | Konsultan | @ Strategi Bisnis , Teknologi & Produktifitas |

Leave a Reply